"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

15.6.12

Wanita Shalikah

Islam telah merangkai kriteria wanita yang layak menjadi pendamping hidup bagi seorang pria. Dalam sebuah hadist, Abdullah ibn 'Amr ibn 'Ash berkata, "Aku telah mendengar Rasullullah SAW bersabda, 'Dunia adalah perhiasan dan sebaik - baik perhiasan adalah wanita yang shalikah'" (HR. Muslim). Lalu dalam hadist lain Abdullah ibn 'Amr ibn 'Ash juga berkata bahwa dia telah mendengarkan Rasullullah SAW bersabda, "Janganlah kalian menikahi wanita karena kecantikannya, bisa jadi kecantikannya itu merusak mereka. Dan janganlah menikahi mereka karena harta - harta mereka karena bisa jadi harta benda mereka itu membuat mereka sesat. Akan tetapi nikahilah mereka karena berdasarkan agamanya. Seorang budak wanita berkulit hitam yang kehilangan telinganya lebih baik tetapi memiliki agama adalah lebih baik bagimu." (HR. Muslim)

Hadist tersebut memberikan panduan kepada pria agar tidak tergoda oleh kecantikan, harta, dan kedudukan seorang wanita ketika memilih wanita menjadi pasangan hidupnya kelak. Bisa jadi katagori - kategori yang menurut kita baik tersebut malah merusak diri wanita. Katagori - katagori tersebut akan memberikan kemaslahatan kepada wanita bila mereka mampu untuk mensyukurinya.

Pilihan terbaik bagi seorang muslim adalah sosok muslimah shalikah sejati. Dia adalah wanita yang menjalankan perannya dalam kehidupan ini sesuai dengan ajaran islam, Kekayaan dan kecantikan sama sekali tidak terkait dengan kesejatian seorang wanita shalikah sejati. Wanita shalikah memiliki peran yang sama pentingnya dengan pria dalam mengarungi samudera kehidupan, dalam membina anak, menegakkan syiar islam, atau mengamalkan islam secara keseluruhan.

Wanita shalikah sesungguhnya adalah seorang muslimah sejati. Dia mematuhi dan menaati suaminya sepenuh kepatuhan dan ketaatan dalam rel dan koridor agama. Dia mencintai suami dan anak - anaknya sebagai bagian dari cintanya kepada Allah SWT. Maka ketika sang suami khilaf dan menyimpang dari ajaran agama, sang wanita shalikah - lah yang harus mengambil peran untuk menegur sang suami tercinta pertama kali dengan cara yang halus serta tidak menyinggung perasaan suaminya. Ketika sang suami giat bekerja dan berdakwah demi membantu Allah SWT mensyiarkan islam di muka bumi ini  sang istri wanita shalikah berperan sebagai pendorong semangat sang suami baik secara materiil dan non - materiil dengan sungguh - sungguh dan sepenuh hati. Wanita shalikah tidak membiarkan hatinya ditumbuhi benih - benih pengkhianatan dan peneylewengan. Dia menutup hati dan qalbu - nya rapat - rapat dan tanpa celah dari kekaguman dan pesona pria selain pilihan hidupnya. Bahkan jikalau bisa dia akan meminta kepada Allah SWT agar ruhnya dicabut dalam kesetiaan dan cintanya mendahului suamninya. Karena dia tidak akan ingin bila nanti suaminya meninggal terlebih dahulu akan datang berbagai godaan yang merusak cinta dan setianya kepada sang pilihan hatinya.

Rasullullah SAW telah memberikan gambaran tentang ciri - ciri utama istri shalikah. Dalam sebuah hadist Rasullullah SAW bersabda, "Maukah aku beritahukan kepadamu tentang sebaik - baik harta pusaka seseorang? Yaitu wanita shalikah yang menyenangkan bila dipandang, yang taat padanya jika disuruh, yang bisa menjaganya jika ditinggal pergi (masalah harta suami dan dirinya sendiri)." (HR. Abu Daud dan Al - Hakim dari Umar r.a.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar