"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

24.6.12

Dahsyatnya Kekuatan Sedekah

Ada ungkapan bijak yang menganalogikan sedekah dengan sebuah sumur. Pemberian sedekah bisa diibaratkan sebagai sebuah sumur yang terus mengalirkan limpahan air hening dan bersih yang tidak pernah putus. Ketika seseorang dengan ikhlas memberikan sedekah maka sejatinya dia sedang membersihkan hartanya dengan cara memberi manfaat kepada mereka yang diberi sedekah, tanpa mengurangi harta yang dimiliki. Seperti sebuah sumur yang tidak akan berkurang airnya setelah ditimba, bahkan airnya menjadi semakin jernih dan air itu bisa memberi manfaat bagi banyak orang.

Di dalam Al - Qur'an sendiri sedekah tersebut telah Allah SWT jelaskan dalam beberapa ayat - Nya. Amalan sedekah ini memberikan dampak yang luar biasa baik dilihat dari sisi matematis maupun non - matematisnya. Sekecil apapun sedekah yang dikeluarkan dengan ikhlas dan hanya mengharap ridha Allah SWT akan menjadi jalan untuk memperoleh balasan yang lebih baik lagi dari Allah SWT. Selain itu sedekah juga memiliki kekuatan sebagai jalan kemudahan bagi siapapun yang melaksanakannya. Allah SWT akan memberikan kemudahan dari segala permasalahan hidup. Sedekah juga berfungsi sebagai obat dari segala penyakit, sekaligus sebagai jalan untuk menghindarkan diri dari murka Allah SWT. Dalam sebuah hadist Rasullullah SAW bersabda, "Jagalah harta kamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan shodaqoh serta hadapilah segala cobaan dan bahaya dengan doa serta tawadhu' (kerendahan hati)." (HR. Abu Hurairah)

Di dalam Al - Qur'an, Hadist, serta atsar sahabat banyak dijumpai tuntunan tentang kekuatan sedekah ini selain yang disebutkan di atas. Beberapa diantaranya adalah :
1. Sedekah adalah amal yang utama
Rasullullah SAW telah bersabda "Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Tangan di atas adalah yang memberi, dan tangan yang di bawah adalah tangan yang meminta." (HR. Muslim)
2. Melindungi diri dari bencana
Sebagian ulama salaf berpendapat bahwa sedekah dapat menolak bencana dan musibah sekalipun yang melakukannya adalah orang zalim. Imam Ibnu Qayyum Al - Jauziyyah berkata, "Sesungguhnya sedekah dapat memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya adalah seorang yang pendosa, zalim, atau bahkan kafir. Sebab Allah SWT akan menghilangkan berbagai macam bencana tersebut dengan perantaraan sedekah yang telah dikeluarkannya."
3. Berlipat ganda pahala
Banyak sekali penjelasan dari pahala sedekah ini. Satu yang mungkin bisa untuk dijadikan acuan adalah sabda Nabi SAW yang berbunyi: "Barangsiapa bersedekah senilai satu biji kurma yang berasal dari mata pencaharian yang baik dan Allah SWT tidak akan menerima kecuali yang baik, maka sesungguhnya Allah SWT akan menerimanya dengan tangan kanan - Nya. kemudian dipelihara untuk pemiliknya sebagaimana seseorang di antara kalian memelihara anak kuda sehingga sedekah itu menjadi (besar) seperti gunung." (HR. Bukhari)
4. Menghapus dosa dan kesalahan
Rasul SAW bersabda, "Bersedekahlah kalian meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab sedekah dapat memenuhi kebutuhan warga yang kelaparan, dan memeadamkan keselahan, sebagaimana air mampu memadamkan api." (HR. Ahmad)
5. Menjadikan harta berkah dan berkembang
Bersedekah bisa menjadikan pelakunya memiliki harta yang berlimpah. Maka, jadilah kaya dengan bersedekah sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Saba' ayat 39.
6. Melapangkan jalan ke surga serta menyumbat jalan ke neraka
Rasullullah SAW bersabda, "Buatlah penghalang antara dirimu dan api neraka walaupun dengan separuh butir kurma." (HR. Thabrani) 
7. Menjadi naungan di padang Mahsyar
Sedekah akanmenolong pelakunya dari kesengsaraan dalam perjalanan menuju alam akhirat. Rasullullah SAW bersabda, "Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskannya perkara di antara manusia." (HR. Ahmad)
8. Pahanya mengalir terus setelah wafat
Rasullullah SAW bersabda, "Pahala amalan dari kebajikan yang bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya, beliau menyebutkan diantaranya, (yakni) mushaf yang ia tinggalkan, masjid yang ia bangun, rumah untuk orang yang dalam perjalanan yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, atau sedekah yang ia keluarkan dari hartanya dikala sehat dan hidupnya, maka ia akan bakal menghampirinya sepeninggalnya." (HR. Ibnu Majah)

Lalu tunggu apa lagi? Segera keluarkan sedekah kita, dengan niat ikhlas dan mengharap ridha Allah SWT...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar