"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

25.6.12

Makna Sabar

Sering kata sabar masuk ke dalam alam bawah sadar kita, terutama ketika seseorang tersebut dalam keadaan terpuruk. Nasehat - nasehat yang datang dari berbagai penjuru pun akan selalu senada dan seirama: "Bersabarlah semua pasti ada hikmahnya." Ada juga nasehat lain yang sering sekali kita dengar seperti: "Sabar, lebih baik mengalah karena mengalah belum tentu kalah." Kondisi ini menunjukkan lemahnya seseorang ketika keterpurukan itu mendera hidupnya. Dan begitulah fenomena yang ada dalam masyarakat muslim dewasa ini dalam memaknai kata sabar. Sabar dimaknai hanya sekedar menahan diri dan menerima apa adanya apapun kondisi yang sudah menjadi nasibnya.

Sementara makna sabar sesungguhnya yang ada di dalam Al - Qur'an justru menuntut seseorang untuk senantiasa siap - siaga dalam segala kondisi, baik itu sedang berjaya maupun terpuruk. Sabar dan terus menguatkan keimanan dengan tetap bertaqwa kepada Allah SWT demi meraih keberuntungan yang telah Allah SWT janjikan, seperti yang tertuang dalam salah satu firman - Nya yang berbunyi: "Hal orang - orang yang beriman, bersabarlah kami dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung." (QS. Ali Imron: 200)

Tidak tepat bila seseorang mengatasnamakan sabar kemudian dia selalu mengalah dan menahan diri dalam kesulitannya tanpa melakukan apapun sebagai upaya keluar dari kesulitan tersebut. Sedangkan Ali ibn Abi Thalib telah menjelaskan bahwa orang yang mendapat derajat sabar akan mengeruk pahala laksana mengeruk debu yang tak terhitung jumlahnya. Jadi, sabar menuntut seseorang untuk melakukan usaha secara terus - menerus dengan semangat dalam bekerja, walaupun kegagalan akan silih berganti menerpanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar