"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

14.6.12

Terima = Kasih

Abu Hurairah meriwayatkan, "Rasullullah SAW bersabda, 'Barang siapa yang membantu menghilangkan satu kesedihan (kesusahan) dari sebagian banyak kesusahan orang mukmin ketika di dunia maka Allah SWT akan menghilangkan satu kesedihan (kesusahan) dari sekian banyak kesusahan dirinya pada hari kiamat kelak. Dan barang siapa yang memberikan kemudahan (membantu) pada orang yang kesusahan maka Allah SWT akan memudahkan (membantu) urusannya di dunia dan akhirat kelak. Dan barang siapa yang menutup aib orang muslim, maka Allah SWT akan menutup aibnya di dunia dan akhirat kelak. Sesungguhnya Allah SWT akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya."' (HR. Muslim)

Di dunia ini tidak akan ada manusia yang tidak di uji oleh Allah SWT. Baik itu diuji melalui kelebihan maupun kekurangan. Tidak akan ada hamba Allah SWT yang selalu tertawa bahagia maupun merintih berkepanjangan. Semua itu adalah ujian dari Allah SWT. Ujian dan cobaan tersebut untuk menguji manusia perihal siapa yang paling baik amalnya. Dan ketika kita mengalami kesulitan dan kesusahan dalam menghadapi ujian kehidupan, sudah sepatutnya pula kita meminta kepada Allah SWT agar diangkat segala kesulitan dan kesusahan kita tersebut. Sesuai dengan hadist di atas maka cara yang dapat kita tempuh untuk menghilangkan (mengangkat) segala kesulitan kita tersebut adalah dengan membantu dan menyelesaikan kesusahan hamba Allah SWT yang lain. Hal ini sangat bertentangan sekali dengan ilmu matematis maupun ilmu keduniawian semata. Tetapi inilah hukum Allah SWT. Percaya atau tidak bergantung kepada iman kita dalam menyikapinya...

Salah satu contoh nyata adalah saat Abdurrahman ibn Auf r.a. saat dipersaudarakan dengan Saad ibn Rabi r.a. dari Madinah. Ketika para sahabat berhijrah ke Madinah berkatalah Saad kepada Abdurrahman. "Hai Saudaraku, aku adalah penduduk Madinah yang kaya raya. Silahkan pilih separuh hartaku dan ambillah! Aku mempunyai dua istri, pilihlah salah satu yang menurut anda lebih menarik dan akan aku ceraikan dia supaya anda bisa mempersuntingnya." Abdurrahman ibn Auf r.a. pun menjawab, "Semoga Allah SWT memberkati anda, istri anda, dan juga harta anda. Tunjukkanlah jalan menuju pasar." Kemudian Abdurrahman menuju pasar, membeli, berdagang, dan mendapat untung besar. Tak pernah diduga dan disangkakan sebelumnya ketulusan saling tolong menolong diantara dua sahabat tersebut telah diberkahi Allah SWT melalui jalan yang tidak pernah kita sangkakan.

Lalu pada kisah yang lain dikisahkan pula bahwa saat Abdurrahman ibn Auf r.a. selalu membantu Allah SWT semenjak mendengar Rasullullah SAW bersabda yang isinya, "Wahai Ibnu Auf anda termasuk golongan orang kaya dan anda akan masuk surga secara perlahan - lahan. Pinjamkanlah kekayaan itu kepada Allah SWT dan Allah SWT pasti mempermudah jalan anda.

Kita meyakini hal itu, dan kita mengerti akan hal tersebut. Tetapi mengapa kita tidak melakukannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar