"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

21.6.12

Love Risk

Assallamu'allaikum Wr. Wb.
Dunia ini adalah misteri dan kalam Allah SWT yang paling nyata, yang dapat dirasakan dan dilihat oleh seluruh hamba - Nya. Kita semua yang ada di dunia ini berjuang dengan segenap kekuatan kita untuk mencari ridha Allah SWT semata. Melalui berbagai kelebihan - kelebihan yang telah tersemat di diri kita serta meminimalisir segala kekurangan yang ada di dalam diri kita tersebut. Itu adalah suratan alam yang tidak akan pernah terhenti dan terus berulang hingga bumi menutup masa pada akhirnya. Seluruh hamba - hamba Allah SWT melakukan hal tersebut, terlebih manusia yang memiliki daya dan upaya, nafsu, serta iman di dalam dada.

Ibarat dua sisi mata uang, segala yang ada dan terjadi di dunia ini sejatinya memiliki dua dampak yang saling berlawanan. Di satu sisi segala yang ada dan terjadi di dunia ini mampu untuk memberikan hal - hal baik kepada diri kita, tetapi di sisi lain hal - hal tersebut dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih buruk lagi. Di dalam dunia ini terdapat empat resiko yang sangat berat dan harus ditanggung oleh manusia hingga berhentinya nafas dari dalam diri. Keempat  resiko tersebut adalah :
       -  Iman
           -  Cinta
             -  Akal Pikiran
               -  Kesehatan
Keempat hal tersebut merupakan anugerah terbesar yang diberikan Allah SWT kepada kita, hamba sempurna - Nya tetapi juga memiliki resiko setimpal dalam menjaga dan mengaplikasikannya. Tidak mudah memang bagi setiap manusia untuk melakukannya dan justru itu adalah tantangannya. Bila kita mampu menjaga dan memanfaatkan semua resiko yang ada di dalam diri tersebut dengan baik, maka insya Allah, Allah SWT akan selalu melimpahkan rahmat dan hidayah - Nya kepada kita semua.

Sulit untuk menentukan resiko mana yang terbesar dan paling dominan dari diri manusia tersebut. Tidak mudah untuk menentukannya karena setiap dari resiko tersebut saling terkait satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan dengan mudah. Tetapi satu yang menjadi keyakinan adalah bahwasanya segala hal yang kita lakukan di dunia ini berdasar pada cinta - sedikit maupun dominan.

Selalu kukatakan bahwa cinta adalah anugerah Allah SWT terbesar setalah iman. TIdak dapat dipungkiri lagi terlepas dari segala usaha kita untuk menyangkalnya. Sedingin hati manusia dia masih akan tetap merasakan cinta, walaupun dengan kadar berbeda dan dengan pengertian yang berbeda pula.

Terkait dengan cinta dengan lawan jenis, cinta yang paling mudah untuk dilihat dan ditafsirkan maka aku tidak setuju dengan pendapat yang berkata bahwa cinta itu ada karena biasa. Karena cinta adalah anugerah Allah SWT maka cinta tersebut adalah misteri Illahi yang tak ada satupun manusia di bumi ini tahu akan kelanjutannya, maka keyakinan yang haruslah kita pertahankan adalah kepada diri sendiri. Yah.... Pilihlah orang yang akan kau cintai dengan sepenuhnya lalu berusaha dan berdoalah untuk MENJAGA CINTA KITA KEPADANYA! Seorang pujangga pernah berkata, "jangan kau kira cinta datang dari keakraban yang lama dan pendekatan yang tekun. Karena cinta adalah kesesuaian jiwa dan jika itu tak pernah ada, cinta tak kan pernah tercipta dalam hitungan tahun dan abad!"

Sungguh sakit merasakan cinta yang kita sendiri tidak mengerti bagaimana kita harus mengekspresikannya, tidak tahu bagaimana harus berbuat, dan selalu gelisah karena terus terbayang tentang dirinya. Itulah resiko cinta. Resiko pecinta yang sedang di mabuk cinta. Tak ada yang salah dengan apa yang telah terjadi, inilah ujian dan kesungguhan cinta. Bayangkan saja tentang masa - masa yang nantinya akan kita lalui bersama dirinya di masa depan. Bayangkan tentang kesulitan dan ujian Allah SWT untuk kita di masa depan, dan ada dirinya yang mau dan mampu untuk memberikan dukungan dan doa terbaiknya bagi kita. Bayangkan saja tentang "Kemenangan" yang akan kita peroleh saat kita mampu untuk menaklukan godaan dunia dan kembali ke Sang Maha CInta. Mungkin memang benar jika ada kalanya cinta itu tidak perlu diungkapkan dengan kata - kata, tetapi hanya ditunjukkan dengan ketulusan hati dan perilaku kita. Sehingga kini kembali ke pribadi sang pecinta. Perilaku bagaimana yang nantinya akan kita lakukan...

Sungguh semua hal yang akan kita lakukan, semua pertimbangan yang telah kita pikirkan dan semua dampak yang kita perkirakana akan memberikan dua dampak yang saling berlawanan. Tetapi inilah hakikat manusia. Memilih dan memilah mana yang terbaik menurut dirinya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Muhammad Ali, seorang petinju legendaris dunia pernah berkata: "Orang yang tidak berani mengambil resiko tidak akan meraih apa - apa di dalam hidup."

Untuk itu sebagai seorang pecinta, saran yang bisa kuberikan kepada seluruh pecinta untuk menggapai cinta dari Sang Maha Cinta adalah:
Pikirkan...
Lakukan...
Dan Berdoa...

Tidak akan selamanya kita hidup di dunia, maka nikmati saja setiap pilihan yang telah kita buat. Insya allah semua akan indah pada waktunya. Yakin dan jangan pernah putus dari rahmat Allah SWT...
Wassallamu'allaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar