"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

14.6.12

Ketika Manusia Seperti Binatang

Dalam sebuah ayat Al - Qur'an surah Al - A'raf ayat 179, Allah SWT berfirman, "Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka jahanam kebanyakan dari jin dan manusia. Mereka mempunyai hati tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat - ayat Allah SWT) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda - tanda kekuasaan Allah SWT), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat - ayat Allah SWT). Mereka itu seperti binatang ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang - orang yang lalai."

Ayat di atas dengan tegas menunjukkan kepada kita bahwa sebagian besar isi neraka jahanam itu adalah manusia dan jin. Salah satu alasannya adalah karena sikap dan perilaku mereka yang mengabaikan petunjuk Allah SWT. Mereka tidak mau membuka hati yang telah diberi kemampuan untuk memikirkan petunjuk - petunjuk keimanan dan hidayah yang terbentang di alam semesta. Mereka tidak mau memahami risalah - risalah yang dapt diketahui oleh hati dan pandangan yang terbuka.

Allah SWT tegas menyatakan mereka itu bagaikan binatang ternak bahkan lebih sesat lagi. Binatang ternak memiliki perangkat instingtif yang dapat menuntun mereka. Sedangkan jin dan manusia ditambah lagi dengan kalbu yang dapat memahami, mata yang dapat memandang, dan telinga yang dapat mendengar serta otak untuk berfikir. Apabila semua itu berfungsi dengan baik serta sebagaimana mestinya untuk memikirkan, merenungkan, serta memahami ayat - ayat Allah SWT di sekitarnya, mereka tidak akan menempuh kehidupan dengan lengah yang membuat mereka lebih sesat lagi dari pada binatang ternak yang cuma dibekali fitrah saja.

Qadr Allah SWT berlaku kepada siapa saja sesuai dengan kehendak - Nya ketika menciptakan mereka semua dengan persiapan - persiapan dan potensi - potensi di dalamnya. Allah SWT juga telah membuat aturan mengenai pembalasannya pula. Sekarang bergantung kepada kita yang menjalaninya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar