"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

14.6.12

Beberapa Penemuan Islam

Sungguh aku tertawa mendengar beberapa orang yang berkata bahwa islam itu adalah agama yang kolot dan tidak modern, terlalu banyak aturan dan mengekang kebebasan berekspresi para pengikutnya, atau agama yang mengajarkan kekerasan dan tidak peduli tentang keindahan. Karena sejatinya agama islam itu bukanlah agama yang seperti itu! Yang terlihat saat ini bukanlah islam yang sesungguhnya, karena ini semua adalah pengejawantahan dari ajaran - ajaran islam oleh para pengikutnya. Dan sayangnya, seperti yang aku akui juga bahwa banyak sekali pengejawantahan tersebut yang hanya berdasarkan hasil pemikiran pribadi dan tanpa dilandasi Al - Qur'an dan As - Sunnah yang kuat dan memadai.

Jauh sebelum ilmu pengetahuan itu ada sudah banyak pemikir dan cendikiawan muslim yang menelurkan sebuah karya yang bahkan digunakan hingga saat ini. Baik di bidang kedokteran, pendidikan, maupun lainnya. Ada beberapa contoh penemuan islam terpenting yang sampai saat ini masih digunakan, yaitu: 
Operasi Bedah - Sekitar tahun 1000 Al Zahrawi, seorang dokter mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedi berilustrasi tentang operasi bedah yang yang digunakan di Eropa sebagai referensi medis selama lebih dari lima abad. Al Zahrawi sendiri dengan beberapa orang menggunakan larutan usus kucing untuk digunakan menjadi benang jahitan. sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan.

Vaksinasi - Teknik inokulasi dengan kuman yang dilemahkan untuk merangsang kekebalan tubuh dibawa ke Eropa dari Turki oleh istri duta besar Inggris pada tahun 1724 M. Anak - anak Turki telah divaksin dengan cacar sapi untuk melawan cacar yang mematikan setidaknya 50 tahun sebelum Jenner dan Pasteur menemukannya.

Universitas - Seorang putri muda bernama Fatima Al - Firhi mendirikan sebuah universitas tingkat pertama di Fez, Maroko pada tahun 859 M. Saudara perempuannya, Miriam Al - Firhi juga mendirikan masjid yang juga menjadi universitas Al - Qarawiyyin, dan terus beroperasi selama 1200 tahun kemudian. Universitas tertua di dunia pun berada di negara yang terkenal dengan peradaban dan penduduk muslimnya.

Mesin Terbang - Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya. Pada abad ke - 9 dia mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk lauaknya kostum burung. Desain yang dibuatnya menjadi inspirasi bagi seniman Italia, Leonardo da Vinci dan Wright bersaudara ratusan tahun kemudian.

Sabun dan Shampo - Orang muslim adalah orang yang pertama kali menggabungkan minyak nabati dengan hidroksida dan aromatik walaupun bangsa Mesir ataupun Romawi kuno sudah mengenal sabun sebelumnya. Sementara shampo diperkenalkan ke Inggris oleh seorang muslim yang membuka pemandian "Mahomed's India Vavour Bath" di pinggir laut Brighton [ada 1759 M.

Pena - Pena cari diciptakan untuk Sultan Mesir pada 953 M setelah ia menuntut pena yang tidak akan menodai tangan atau pakaian. Pena tersebut menyimpan tinta dalam sebuah reservoir dan sebagai pena modern, ia bekerja dengan sistem gravitasi dan sistem kapiler.

Optik - Ibn Al - Haitham membuktikan bahwa manusia melihat obyek dari refleksi cahaya dan masuk ke mata pada tahun 1000. Hal ini mengacuhkan teori yang dikemukakan oleh Euclid dan Ptolemy sebelumnya yang menyatakan bahwa cahaya dihasilkan dari dalam mata sendiri.

Lalu, penemuan apa yang bisa kita hasilkan untuk generasi muslim nantinya???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar