"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

25.6.12

Tiga Kekayaan Mutlak Seorang Muslimah

Kaya selalu diidentikkan dengan kesuksesan, harta melimah, rumah dan mobil mewah, serta segala hal yang menyangkut materi. Tidak sedikit manusia menjalani hidupnya hanya berorientasi pada dunia semata. Mencari dan menumpuk kekayaan belaka. islam mengharuskan setiap pemeluknya harus kaya, dengan definisi yang lebih luas dan tolak ukur yang lebih kompleks dibandingkan dengan mempergunakan standar dunia belaka.

Baik itu seorang muslim maupun muslimah haruslah memiliki kekayaan! Terlebih seorang muslimah. mereka harus memiliki kekayaan yang menjadikan mereka tunduk dan patuh hanya kepada perintah Allah SWT serta Rasul - Nya. Karena muslimah memiliki peran yang sangat banyak dan vital. serta strategis dan mulia dalam membangun suatu peradaban. Oleh karena itu, tiga kekayaan mutlah yang harus dimiliki oleh seorang muslimah ialah:
1. Kekayaan Akidah
Dengan akidah yang benar, muslimah akan selalu tegar ketika menghadapi badai dalam kehidupannya. Berpikir jernih dan mampu melampaui setiap ujian yang menghampiri, baik ujian yang menimpa dirinya, keluarganya, lingkungan sosialnya, maupun aktivitas dakwahnya. Sebagai seorang istri ia juga akan senantiasa menjadi penenang bagi suaminya, pendukung utama kiprah dakwah sang suami, dan seorang suami akan mendapatkan kekuatan untuk tetap istiqamah dan terhindar dari segala bentuk syirik dan bid'ah. Begitu pula peran wanita sebagai seorang ibu, seorang ibu yang telah memiliki akidah yang menghujam kuat ke dasar hatinya akan menularkan perilaku dan cara berpikir yang benar kepada anak - anaknya, sehingga tidak mudah terpengaruh lingkungan yang negatif.

Kita patut meneladani Khadijah r.ah., selaku istri Rasullullah SAW. Seperti yang digambarkan dalam sebuah hadist Rasullullah SAW bersabda, "Aku dikaruniai oleh Allah SWT rasa cinta yang mendalam kepada Khadijah r.ah. Demi Allah SWT aku tidak pernah mendapat pengganti yang lebih baik daripada Khadijah r.ah. Ia yang beriman kepadaku ketika semua orang ingkar. Ia yang mempercayaiku ketika semua orang mendustakanku. Ia yang memberiku harta pada saat semua enggan memberi." (HR. Ahmad).

2. Kekayaan Tsaqofah
Terkait kewajiban utamanya yang multi dimensi maka seorang muslimah harus memiliki tsaqofah yang luas. Tidak hanya terbatas pada tsaqofah islam semata. Sejarah membuktikan bahwa oerubaha sosial yang terjadi di masyarakat adalah hasil dari pembinaan tsaqofah secara berkesinambungan, penuh kecerdasan, dan sistematis. Selain itu muslimah juga harus tanggap dan cermat dengan informasi global terlebih seperti berita dunia keislaman dan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat. Dengan demikian diharapkan mampu memberikan jawaban dengan analisa yang tajam dan mencerdaskan ketika anak - anak ataupun masyarakat umum melontarkan pertanyaan.

3. Kekayaan Amaliyah
Sungguh sia - sia belaka ilmu tanpa amal dan rusaklah amal yang tidak dilandasi oleh ilmu. Ilmu dan amal merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Setelah memiliki akidah yang benar dan tsaqofah yang luas maka tidak akan berarti apapun juga semua itu tidak ada aplikasinya. Muslimah yang paham tentu senantiasa beruaha untuk menajga amalannya agar menjadi amalan yang terbaik di sisi Allah SWT. Kepribadian islam akan terbentuk denan sendirinya ketika seorang muslimah mampu menjaga lisan, fikrah, dan akhlaq - nya. Sehingga keberadaannya sebagai bagian dari interaksi sosial akan menjadi figur yang diteladani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar