"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

25.6.12

Back To Qur'an

Inspirasi dalam hidup dapat didapatkan di mana saja dan melalui sumber mana saja. Tetapi ada satu sumber yang akan memberikan kita informasi tiada batas dalam menjalani hidup dan kehidupan kita selama di dunia dan menjadi penyelamat kita di akhirat kelak, yaitu Al - Qur'an. Membaca hanya sekedar membaca, tetapi bila kita tidak mencoba memahami dan memaknai teks bacaannya maka kita tidak akan menemukan sesuatu yang menarik dari Al - Qur'an tersebut.

Sesungguhnya Al - Qur;an mengandung inspirasi sangat luas dan tanpat batas. Jika kita ingin tadabur Al - Qur'an secara terus menerus insya allah akan banyak inspirasi yang kita dapatkan. Dalam surah Al - Baqarah ayat 2 disebutkan bahwa tidak ada keraguan sedikitpun dalam Al - Qur'an, dan hal ini merupakan petunjuk bagi siapapun yang bertaqwa. Petunjuk yang terdapat di dalam Al - Qur'an adalah petunjuk yang memuat tentang segalanya yang dibutuhkan manusia dalam menjalani hidup di dunia dan menggapai rahmat Allah SWT.

Kerinduan kita untuk melihat ilmuwan muslim berikutnya sepeninggal Ibnu Sina, Ar - Razi, Ibnu Khaldun, Al Khawarizmi, dan yang lain yang menjadikan Qur'an sebagai sumber inspirasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan pada masa mereka. Salah satu ayat - yang mungkin - mereka tadaburi sehingga menjadikan sumber inspirasi bagi mereka berbunyi kurang lebih sebagai berikut: "Katakanlah, perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi!" (QS. Yunus: 101). Allah SWT memerintahkan kita untuk memperhatikan apa yang ada di sekeliling kita. Namun untuk membuat suatu kesimpulan yang logis dan rasional - yang kita sebut pengetahuan - diperlukan pertimbangan - pertimbangan dari akal.

Hal ini diungkapkan Allah SWT dalam surah An - Nahl ayat 12 yang berbunyi: "Dan Dia menundukkan siang dan malam, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang - bintang ditundukkan dengan perintah - Nya. Sesungguhnya dalam gejala - gejala itu terdapat ayat - ayat Allah SWT bagi orang - orang yang mempergunakan akal." Ayat - ayat Allah SWT yang dimaksudkan adalah ayat kauniyah yang terbentang di jagat raya. Dengan demikian hanya dengan menggunakan akal - lah kita akan mampu memahami ayat - ayat kauniyah Allah SwT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar