"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

14.6.12

Manfaat Shalat Subuh Berjamaah

Memang tidak ada yang sia - sia di dalam Islam. Setiap perintahnya mengandung kebaikan bagi setiap pemeluknya. Bahkan perintah shalat berjamaah sekalipun. Salah satu contoh adalah tentang shalat subuh berjamaah. Mengapa kita harus bangun pagi buta untuk shalat subuh? Salah satu hikmah dari shalat subuh adalah manfaat untuk mengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovaskular. Di dalam tuhuh manusia ada kekuatan yang terus bekerja tanpa dikomando yang disebut syarat otonom. Syaraf ini bekerja tidak mengenal kondisi kita yang sedang beristirahat maupun berkativitas. Kekuatan ini juga yang mengatur gerak usus sehingga bisa mengeluarkan sisa makanan setelah menyerap zat bermanfaat untuk tubuh. Kekuatan syaraf otonom mempunyai dua fungsi yang bekerja secara berlawanan di dalam tubuh, yang biasa dikenal dengan syaraf simpatis dan syaraf parasimpatis.

Kita juga memiliki irama tubuh yang biasa disebut irama sirkadian tubuh dimana mulai jam 3 dini hari di dalam tubuh terjadi peningkatan adrenalin. Hal ini menyebabkan tekanan darah ikut meningkat, padahal kita sedang tidur pulas. Biasanya adrenalin kita bekerja saat kita beraktivitas atau dalam keadaan stress. Selain itu terjadi penyempitan pembuluh darah otak yang menyebabkan oksigenasi otak berkurang sehingga kita sering merasa merasa berat saat bangun pagi, dan cenderung mengantuk. Peningkatan adrenalin juga mengaktifkan sistem pembekuan darah dimana sel trombisit berangkulan membentuk suatu trombus. Trombus inilah yanag menyebabkan gangguan kardiovaskuler pada manusia. Semua sistem ini bekerja pada kendali syaraf simpatis.

Hasil penelitian dari Furchgott dan Ignarro serta Murad tentang zat di dalam dinding sel yang dapat melebarkan pembulh darah menjawab misteri ini. Zat yang ditemukan itu bernama NO (Nitrit Oksida). Dan subhanallah NO ini diproduksi secara terus menerus selama masa beristirahat manusia- termasuk saat manusia sedang tidur pulas. Zat ini juga mencegah terbentuknya trombus dengan menghambat agragasi (penempelan) trombus. Aktivitas bangun pagi untuk sholat subuh, apa lagi dengan berjalan ke masjid untuk berjamaah terbukti dapat meningkatkan kadar NO tersebut dalam pembuluh darah sehingga oksigenasi otak bertambah akibat melebarnya pembuluh darah otak. Selain itu, trombosit juga dicegah untuk saling menempel sehingga pembuluh darah tidak bertambah sempit. Aktivitas pada gerakan rukuk dalam shalat meningkatkan tonus syaraf parasimpatis yang melawan efek dari syaraf simpatis. Subhanallah...

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Alhamdullillah... Terima kasih banyak...
      Semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi nantinya...

      Insya Allah...

      Hapus