"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

6.12.12

Filosofi Pensil

Subhanallah... Alhamdullillah... Allahu Akbar... Sungguh Maha Besar Allah SWT yang telah menjadikan hidup dan kehidupan ini menjadi ada dan bermakna. Semua yang ada di dalamnya memberikan ilmu, pengalaman, serta pemahaman agar diri kita menjadi lebih baik lagi ke depannya. Semua bergantung kepada pemahaman kita selaku hamba Allah SWT yang (katanya) memiliki kesempurnaan dibandingkan dengan makhluk - makhluk Allah SWT lainnya. Padahal sejatinya, kita tidak ada apa - apanya bila kita tidak mau melandaskan segala perlakuan kita kepada Al - Qur'an dan As - Sunnah. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita bersama Baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya serta kita sebagai pengikutnya. Kekasih Allah SWT yang menjadi junjungan kita dalam hidup bermasyarakat, pemimpin kita yang menjadi suri tauladan dalam setiap tingkah perlakuan kita untuk menuju kesempurnaan hidup yang telah beliau ajar dan tunjukkan.

Banyak hal di dunia ini - bahkan di sekitar kita - yang mampu untuk kita ambil hikmah dan pelajarannya. Kita mungkin akan sangat memperhatikan sesuatu yang jauh, hebat, dan terkenal. Tetapi apakah kita masih juga memperhatikan sesuatu yang sederhana dan kecil? Karena sejatinya semua yang jauh, hebat, dan terkenal itu awalnya berasal dari sesuatu yang sederhana dan kecil. Banyak sekali hal - hal kecil dan sederhana yang mampu menjadikan kita sesuatu yang besar, hebat, dan terkenal nantinya. Contoh yang paling sederhana adalah pensil. Pernahkah kita belajar sesuatu dari sebatang pensil?

Subhanallah... Maha Suci Allah SWT atas segala penciptaan dan kuasa - Nya di muka bumi ini. Sesuatu yang sangat sederhana seperti pensil tersebut jika diperhatikan secara seksama mampu memberikan 5 keistimewaan dalam hidup. Lima keistimewaan tersebut adalah:
Pertama - Pensil mengingatkan kalau kita bisa berbuat banyak hal dalam hidup ini. Layaknya pensil ketika pensil kita jangan pernah melupakan bahwa ada tangan - tangan tak kentara yang selalu membimbing langkah kita dalam hidup ini. Yakini dan percayalah hanya Allah SWT yang akan selalu membimbing kita, dengan demikian hanya Dialah tempat kita kembali. Hanya Dialah tempat kita memohon pertolongan.
Kedua - Dalam proses menulis kita terkadang beberapa kali harus berhenti dan menajamkan kembali pensil kita dengan rautan, silet, ataupun hal lainnya bergantung kepada pensil yang kita miliki. Rautan, silet, dan lain sebagainya tersebut pasti akan membuat si pensil menderita. Tetapi setelah proses meraut pensil tersebut selesai si pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. Sama dengan kita yang harus menerima rasa sakit, sedih, susah, dan segala macam penderitaan agar kita menjadi orang yang lebih baik lagi bila itu semua kita hadapi dengan bijaksana, sabar, adil, dan pasrah.
Ketiga - Tulisan yang salah saat kita menulis dengan pensil mampu kita hapus dengan menggunakan penghapus, kemudian kita dapat memperbaiki kesalahan kita tadi dengan tulisan yang benar. Segala kesalahan dalam hidup ini sejatinya dapat membuat diri kita tetap berada di jalan yang benar. Diri kita yang melakukan kesalahan janganlah ragu untuk meminta maaf serta berusaha untuk memperbaikinya.
Keempat - Arang yang ada di dalam pensil adalah bagian terpenting dari sebuah pensil. Dan bagian terpenting dari seorang manusia bukanlah bagian luarnya melainkan hati manusia itu sendiri. Oleh karena itu sikap selalu berhati - hati dan menyadari segala hal yang ada di dalam diri merupakan intepretasi dari bagian terpenting manusia itu sendiri.
Kelima - Pensil baik ketika menulis atau terhapus selalu meninggalkan goresan. Seperti halnya kita, kita juga harus menyadari bahwa setiap tindak tanduk kita akan meninggalkan goresan dan kesan bagi kehidupan dan terlebih bagi orang lain. Oleh karena itu selalu berhati - hati dan sadar diri terhadap setiap tundakan kita.

Could us?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar