"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

31.5.12

Shalat ...

Bila ISYA' terjaga
Malam bercahaya
Gelap tidak terasa
Insya Allah hidup damai sejahtera
Terhindar dari neraka
Dan pintu surga terbuka

Bila SUBUH berpendar
Relung hati menjadi segar
Naif dan dosa diri tertutup selasar
Insya Allah jiwa menjadi tenang dan berbinar
Termaktub janji dan ridha Illahi berpendar
Janjikan diri akan selalu kekar

Bila LOHOR (DZUHUR) teratur
Diri jadi jujur
Dan hati tak kufur
Rasa hati selalu bersyukur
amal ibadah tak uzur
Keluarga menjadi akur
Dan pribadi menjadi makmur

Bila ASHAR kelar
Jiwa jadi sabar
Raga menjadi tegar
Senyum kembali melebar
Maka rizki akan selalu lancar

Bila MAGHRIB tertib
Mengaji menjadi wajib
Berdzikir menjadi karib
Jauh dari aib
Maka syafaat tak akan raib

Subhanallah... Maha Suci Allah SWT yang telah memberikan perintah dan kewajiban kepada kita. Karena setiap perintah maupun kewajiban yang diperintahkan kepada kita tidak akan pernah sia - sia. Selalu ada sesuatu yang tersembunyi di balik hal itu semua. Dan itu tidak akan pernah kita sadari sebelum kita melakukannya. Melakukan dengan seenak hati saja insya Allah kita akan mengerti mengapa Allah SWT memerintahkan kita untuk melakukannya, terlebih bila kita melakukan perintah Allah SWT tersebut dengan kesungguhan hati kita. Hasil yang akan kita peroleh pasti lebih baik lagi daripada sekedar "Mengerti"

Pesan Allah SWT yang paling fenomenal disampaikan oleh salah satu makhluk sempurna - Nya. Makhluk sempurna yang bilamana beliau berbicara kata - katanya bagaikan mutiara. Bila diam beliau menyimpan kesejukan. Bila berjalan matanya sangat terjaga. Bila berperilaku beliau bagaikan Al - Qur'an berjalan. Beliau bagaikan malaikat walaupun seorang manusia biasa. Beliau memberikan cahaya iman yang jejaknya menjadi teladan bagi setiap orang. Sekali saja nama beliau disebutkan, beribu doa dan rahmat terlimpah atasnya. Atas wujudnya, lahir cinta sejati. Cinta yang tak pernah ternodai. Dialah Rasullullah Muhammad SAW.

Pesan fenomenal tentang kewajiban manusia untuk shalat. Kewajiban berat sekali dan tentu saja akan sangat sulit hanya untuk mengerjakannya secara istiqomah, tetapi mau bagaimana lagi? Bila kita melihat ibadah shalat tersebut hanya sebatas kewajiban beribadah maka tidak akan bisa bagi kita untuk menikmati shalat tersebut. tetapi bila kita melihat kewajiban shalat tersebut sebagai kebutuhan beribadah, maka kita akan senantiasa untuk melakukannya walaupun apapun kondisi tubuh kita saat itu.

Butuh yang saya maksud di atas bukanlah butuh sebagai sesuatu yang harus ada balasannya serta bentuk pemaksaan. Memang benar hal tersebut adalah sebuah pemaksaan, tetapi tolong jangan dilihat seperti itu! Kebutuhan kita dalam menjalankan ibadah shalat adalah seperti kebutuhan kita dalam memadu kasih. Dan shalat adalah sarana kita untuk bertemu dengan kekasih kita. Merindu dan menumpahkan segala keluh kesah serta kebahagiaan yang kita alami pada kisah sejati kita. Kita membutuhkan Allah SWT! Sehingga kita merindukan Allah SWT.

Kesempatan dalam shalat tidak boleh kita sia - siakan. Hal ini karena kita sedang berinteraksi dengan Allah SWT, dengan kekasih abadi kita. Oleh karena itu hal tersebut bukanlah sesuatu yang boleh kita permainkan dan kita buat seenak kita sendiri. Hanya menuntaskan kewajiban kita lalu selesai. Karena sejatinya pada saat kita shalat tersebut kita sedang berkomunikasi dengan Allah SWT. Kita sedang menumpahkan perasaan kita kepada Allah SWT.

Lalu, mengapa kita menyia - nyiakan kesempatan tersebut? Kesempatan untuk menuntaskan rindu kita kehadirat Allah SWT...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar