"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

5.5.12

Obat Galau Karena Cinta

Memang dunia dan isinya ini terus berubah sepanjang waktu. Perubahan tersebut kita rasakan dalam setiap sendi - sendi kehidupan. Baik itu dari segi fashion, teknologi, maupun budaya. Salah satu yang sangat kentara sekali dalam perubahan budaya ini dapat kita saksikan di perilaku anak muda kita. Banyak sekali muncul gaya - gaya baru di kalangan anak muda yang mereka anggap dapat mewakili identitas mereka dalam bergaul. Entah itu dalam hal pakaian, gaya hidup, maupun hubungan sosial kemasyarakatan. Salah satu yang paling kentara akhir - akhir ini adalah penggunaan kata - kata "Galau" dalam mengekspresikan perasaan dan kondisi hati mereka.

Entah kapan istilah "Galau" tersebut mulai digunakan, hanya saja akhir - akhir ini kata - kata "Galau" tersebut seakan menjadi trademark bagi kalangan muda saat ini. Kata - kata "Galau" ini lebih banyak kita dengarkan saat seorang anak muda mengalami masalah percintaan di dalam hidupnya - walaupun banyak sekali penggunaan istilah - istilah "Galau" ini di dalam kehidupan remaja saat ini, hanya saja dalam hal percintaan istilah "Galau" ini lebih sering digunakan. Saya tidak ingin memperpanjang tentang istilah "Galau" ini sendiri. Yang ingin saya tekankan disini adalah tentang mengapa terjadi "Galau" di dalam diri remaja tersebut, serta solusi untuk menyelesaikannya.

Menurut saya memang adalah hal yang sangat wajar bila usia - usia remaja yang berkisaar antara 13 - 24 tahun tersebut mengalami sindrom "Kegalauan" di dalam hidupnya. Sikap ingin dimengerti, mengetahui sesuatu hal yang baru, kelabilan mental, serta proses pencarian jati diri yang masih berlangsung di dalam diri remaja tersebut membuat remaja menjadi tidak fokus dalam menentukan arah hidupnya. Yang mereka pikirkan dan mereka ingin lakukan hanyalah sesuatu kesenangan sesaat demi mendapatkan popularitas di komunitas yang mereka ikuti maupun hanya untuk sekedar mencari pengakuan tentang siapa dirinya di hadapan remaja - remaja lain yang sebaya dengan dirinya. Hal tersebut belum diperparah dengan keinginan untuk membuktikan kepada siapa - siapa saja yang telah meragukan kemampuannya selama ini - terutama dari keluarganya sendiri.

Sikap seperti itu membuat remaja tidak memikirkan langkahnya dengan jangka panjang, tidak terstruktur, eerta tidak memiliki perencanaan yang matang dalam mengambil setiap langkah - langkah di dalam hidupnya. Karena adanya kejadian seperti ini nantinya akan berujung pada sikap dan keadaan yang tidak kontinyu. Suatu saat hal ini akan mengakibatkan kejenuhan serta beban di benak remaja itu sendiri. Dengan demikian mereka tidak mengatahui lagi apa yang harus mereka lakukan. Hanya mengikuti waktu saja tanpa ada tindakan berarti. Mereka tidak tahu harus berbuat apa karena mereka terjebak di dalam dunia mereka sendiri. Butuh suatu momen yang pas bagi diri mereka untuk keluar dan menemukan langkah - langkah baru di dalam hidupnya ke depan.

Masalah percintaan yang memang menjadi akar "Kegalauan" bagi sebagian besar anak remaja tersebut memang adalah salah satu masalah klasik yang tidak dapat dinilai dan disimpulkan secara sembarangan. Masalah hati adalah masalah sakral yang menuntut konesntrasi, perencanaan, serta pertimbangan yang benar - benar harus sangat matang. Maha Besar Allah SWT yang telah menciptakan rasa bernama cinta di kehidupan kita. Karena tanpa cinta, kita tidak akan mampu untuk melangkah lebih jauh. tanpa cinta kita tidak akan mampu untuk mengerti dunia ini. Tanpa cinta kita tidak akan mampu untuk ada di dunia ini. Tanpa cinta kita tidak akan mengerti pahitnya. Dan tanpa cinta kita tidak pernah mengerti betapa besar rahman dan rahim Allah SWT bagi kita - umat - Nya - selama ini. Yah... Memang semuanya karena cinta. Hanya cinta...

Sejatinya di dunia ini tidak ada suatu masalah tersebut yang tidak ada penyelesaiannya. Terlebih kalau kita mencari penyelesaian masalah kita tersebut dengan bersandar kepada aturan dan ketentuan Allah SWT, maka tidak akan ada sesuatu di dunia ini yang tidak akan bisa dipecahkan. Dan dalam menyikapi "Kegalauan" dalam masalah cinta ini, Allah SWT telah memberikan jawabannya dengan indah dan tegas di dalam Al - Qur'an sebagai berikut:
1. (QS. 13: 28) 
".... Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah SWT hati menjadi tentram..."
2. (QS. 73: 4)
".... Dan bacalah Al - Qur'an itu dengan tartil (pelan)!"
3. (QS. 2: 153)
".... Mohonlah pertolongan dengan sabar dan sholat ..."
4. (QS. 6: 162)
".... Sungguh sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku llillahi rabbil 'alamin."

Dari keempat ayat tersebut saja kita dapat mengambli suatu pelajaran bahwa kita ini hanyalah hamba. Hamba Allah SWT yang diperintahkan untuk menyembah dan mematuhi segala aturan dan ketentuannya. Sejatinya banyak sekali ayat - ayat yang membicarakan tentang kejiwaan manusia itu sendiri, apalagi masalah cinta. Tetapi menurut saya dari keempat ayat tersebut saya rasa sudah cukup mewakili tentang tata cara mengobati "Kegalauan" hati yang disebabkan karena cinta.

Satu yang harus kita renungkan adalah, pernahkah Allah SWT memberi kita hal buruk? Atau sesuatu yang tidak kita harapkan? Mari kita jawab dengan jujur. Allah SWT yang menciptakan kita. Sehingga Dia mengetahui apa yang terbaik untuk kita dan sesuai dengan kadar kemampuan kita. Sesuatu yang telah kita terima saat ini adalah hal terbaik menurut Allah SWT. Pasti ada suatu rahasia di baliknya. Inilah yang terbaik bagi kita menurut Allah SWT. Bila kita hanya melihat kegagalannya, maka kita tidak akan pernah menemukan keberhasilannya. Tatap ke depan dan jadikan masa lalu iti pelajaran. Berharap pada masa lalu memang adalah suatu hal yang tidak salah, tetapi bergantung kepada masa lalu adalah sesuatu yang Allah SWT tidak pernah suka.

Berdoa dan ingatlah Allah SWT dalam setiap gerak langkah kita. Mohon agar Allah SWT mau untuk mengubah masa depan kita sesuai dengan kehendak kita. Alangkah bahagianya kita saat kehendak kita tersebut juga merupakan hal terbaik menurut Allah SWT. Sehingga hidup ini akan terasa sempurna sekali, Tidak akan ada lagi yang kita keluhkan di dalam hidup ini. Percaya, Usaha, dan Yakini! Maka kau akan mendapatkan apa yang kau cita - citakan.

Mantan Menteri Kesehatan RI periode 2009, Ibu Endang Rahayu Sedyaningsih - semoga Allah SWT memberikan rahmat, taufiq, hidayah, inayah, serta ampunannya kepada almarhumah beserta keluarga - yang beberapa waktu telah pergi mendahului kita memberikan saya suatu pengajaran yang menurut saya sangat berarti. Dalam suatu kesempatan beliau pernah berkata, "Lamanya hidup tidaklah sepenting kualitas hidup itu sendiri. Mari lakukan sebaik - baiknya apa yang bisa kita lakukan hari ini, lakukan dengan sepenuh hati! Bersyukurlah kita masih diberi kesempatan untuk itu."

Sungguh kata - kata bijak yang menyentuh lubuk hati terdalam saya. Yah... Beliau memang benar, kita tidak akan pernah tahu kapan masa kita akan berakhir di dunia fana yang penuh sandiwara ini. Oleh karena itu, berbuat sesuatu demi orang banyak adalah hal terbaik yang bisa kita tinggalkan di dunia ini. Hal itu nantinya akan menjadi rekam jejak kita tentang keberhasilan kita dalam mengarungi hidup ini. Tidak akan mudah dan akan penuh dengan penderitaan. Tetapi bukankah dunia ini memang tempat untuk sesuatu yang seperti itu? Kematian adalah masa istirahat yang tenang bagi seorang mukmin. Kematian adalah akhir dari perjalanan fana menuju keabadian. Oleh karena itu tidak ada waktu untuk galau. Waktunya kita untuk berbuat untuk sekitar kita. Demi dia yang sangat kita cintai sepenuh hati...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar