"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

16.4.12

Umat Islam, Bersatulah!

Semenjak kedatangannya, agama islam telah mengajarkan syari'at yang paripurna dalam etika serta segala aspek dalam kehidupan. Namun seiring dengan bergulirnya waktu banyak dari umat islam itu sendiri yang tidak menyadarinya. Di antara beberapa faktornya adalah sebab kelalaian kita sendiri dalam mempelajari agama islam  Lalu yang kedua adalah karena gencarnya propaganda maupun pemberitaan - pemberitaan di luar sana yang mendiskreditkan islam dengan berbagai alat serta sarana.

Sungguh islam adalah agama yang indah dengan berbagai aturan yang mengikat bagi para pemeluknya. Karena tidak akan mungkin dalam suatu kehidupan tidak ada aturan yang membatasi gerak - gerik manusia itu sendiri. Bila hal ini yang terjadi maka bisa di bayangkan bagaimana hancurnya masyarakat itu sendiri nantinya. Hanya berdasar kepada hukum rimba dan hukum suka sama suka tidak akan menyelesaikan masalah yang ada di dalam suatu masyarakat. Hal itu justru berpotensi untuk menimbulkan permasalahan baru dan hukum - hukum baru yang tidak memiliki landasan yang pasti di kemudian hari.

Sejak jaman dahulu kala islam dengan segala aturannya tersebut sudah banyak sekali memiliki pertentangan disana sini. Padahal kalau kita mau berpikir jernih serta dengan kepala dingin segala aturan yang islam ajarkan tersebut sejatinya sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia di mata manusia lainnya maupun di mata Allah SWT. Islam dipandang sebagai agama yang kolot dan tradisional. Tetapi justru dengan agama yang kolot dan tradisional tersebut semua manusia dapat selamat dari dunia terlebih di akhirat kelak. Perbedaan cara pandang tersebut mulai dari penggunaan jilbab yang tidak sesuai dengan ajaran islam - karena dikaitkan dengan budaya arab, hukum islam yang katanya keras dan tidak berperi kemanusiaan, Islam menjunjung tinggi pernikahan, serta dilarangnya minum - minuman keras bagi siapapun.

Permasalahan itu hanyalah sedikit dari permasalahan yang sering diperbincangkan kepada orang islam. Padahal dewasa ini banyak penjelasan ilmiah melalui penelitian - penelitian maupun fakta - fakta yang mendukung untuk menjawab itu semua. Padahal hal itu telah dimulai sejak ribuan tahun lalu - yang kemudian disempurnakan oleh Allah SWT melalui Rasullullah Muhammad SAW. Saya tidak akan banyak berbicara sebab dan akibat dari aturan islam semua, karena memang biarkan fakta dan penelitian - penelitian baru 0 baru ii yang menjawab itu semua. Yang ingin ditekankan kali ini adalah mengapa kita tetap tidak bersatu?

Satu permasalahan yang ingin saya kritisi justru ada di dalam pribadi muslim itu sendiri. Dengan berbagai latar belakang dan budaya mengapa setiap muslim tidak dapat untuk melihat sisi positif dari adanya keberagaman dalam beribadah tersebut? Mengapa hal itu malah membuat kita justru menjadi tercerai berai serta membentuk image bahwa islam adalah agama yang brutal dan kasar? Bukankah ada berbagai cara yang lain sesuai dengan yang pernah dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW bagi kita umat muslim sekarang untuk mendakwahkan islam? Satu hal yang perlu diingat oleh umat muslim saat ini adalah fakta bahwa keberhasilan Rasullullah SAW dahulu dalam berdakwah pertama kali tidaklah dilihat dari seberapa bagus ajaran islam, melainkan karena perilaku serta akhlaq Rasullullah SAW yang mampu untuk membuat orang lain tertarik dan akhirnya bersedia memeluk islam dengan sukarela.

Masih ingatkah kita pada usia berapa Rasullullah SAW diangkat menjadi Nabi oleh Allah SWT? Lalu pada usia berapa Baginda Nabi SAW dipersunting oleh Khadijah dan alasan utama Khadijah ingin menikahi Rasullullah SAW? Masih ingatkah kita alasan para sahabat terdekat Rasullullah SAW yang terkenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin tersebut masuk islam serta ingin berjuang mati - matian demi membela agama Allah SWT dan Rasul - Nya ini? padahal tidak jarang dari mereka dulunya sangat membenci dan memusuhi Nabi SAW. Dan pernahkah kita tahu seberapa besar kemajuan islam di masa lampau saat  Nabi SAW serta para sahabat - sahabatnya menjadi pemimpin di suatu wikayah? Pernahkah kita dengar adanya ketidak adilan> Pernahkah kita dengar adanya oertengkaran karena urusan sepele? Pernahkah kita dengar adanya kemiskinan yang merajalela? Pernahkah kita tahu seberapa kuat bangsa islam saat itu? Coba kita lihat sejarah kembali, lalu berusaha untuk mengulangnya lagi di masa kini. Seperti salah satu hadist nabi yag berbunyi: "Siapa yang menghendaki (kebahagiaan hidup) di dunia, harus dengan ilmu, Dan siapa menghendaki (kebahagiaan hidup) di akhirat harus dengan ilmu. Dan barang siapa yang menghendaki (kebahagiaan hidup) di dunia dan akhirat haruslah dengan ilmu" (HR. Tabrani).

TIdakkah kita ingin agar islam ini kembali menemukan kejayaannya seperti di masa lalu? Terlebih di masa ini dan di negara tercinta kita bersama, Indonesia yang dimana sebagian besar masyarakatnya adalah muslim. Oleh karena itu bersatulah rekan - rekan muslim! Pahami, resapi, dan amalkan islam tersebut dengan sebenar - benarnya! Janganlah mudah kita termakan oleh propaganda maupun bujuk rayu mereka - mereka yang tidak bertanggung jawab yang ingin untuk menghancurkan kita sebagai umat muslim dan agama Allah SWT ini pada umumnya. Berbagai cara akan mereka lakukan untuk mendukung tujuan mereka tersebut. Beberapa di antaranya adalah dengan:
1.  Mengulang kebohongan dengan terus menerus
2. Memanfaatkan media - media (visual, audio, cetak) untuk mendukung keinginan mereka
3. Menyebarkan berita ke media massa dengan tidak proporsional
4. Mendukung aliran dan pemikiran sesat untuk lebih berkembang
5. Membuat isu - isu utama atas dasar modernitas serta globalisasi

Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim sudah sepatutnya untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas keimanan kita dengan berdasar kepada Al - Quran serta Al - Hadist sebagai landasan kita dalam mengambil setiap keputusan dalam bermasayarakat. Tak lupa kita juga harus memperhatikan sejarah karena masa lalu adalah calah satu cerminan kita dalam menilai apa yang akan terjadi di masa kita saat ini. Terakhir tak lupa kita juga harus selalu meminta pertolongan dan petunjuk Allah SWT dalam setiap langkah - langkah kita sembari memohon pengampunan atas semua dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan baik yang kita sengaja maupun yang tidak karena kita adalah makhluk yang penuh dosa dan senantiasa berbuat kesalahan. Ingat - ingatlah salah satu sabda Rasullullah SAW ini: "Sesungguhnya Allah SWT memberikan dunia kepada orang yang Dia cintai dan tidak Dia cintai. Sedangkan Allah SWT tidak memberikan iman kecuali kepada orang yang benar - benar Dia cintai" (HR. Bukhori)

Dengan demikian, bersatulah umat muslim! Tunggu apa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar