"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

23.12.11

Kewajiban Muslim...

Ilmu itu teman akrab dalam kesepian, sahabat dalam keterasingan, pengawas dalam kesendirian, penunjuk jalan ke arah yang benar, penolong di saat sulit, serta simpanan setelah kematian. Karena pentingnya ilmu tersebut maka sebagai seorang muslim kewajiban kita adalah menuntut ilmu setinggi - tingginya. Ibadah tanpa ilmu adalah bagaikan tubuh tanpa anggota gerak, sedangkan ilmu tanpa ibadah itu bagaikan anggota gerak yang tanpa tubuh. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Kewajiban menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim selama dia masih diberi kenikmatan hidup oleh Allah SWT di dunia ini. Berhenti menuntut ilmu karena dia merasa dia sudah bisa adalah kematian bagi jiwanya. Kesombongan dan kemalasan adalah onak yang dapat menghancurkan diri setiap muslim secara perlahan laksana racun yang tiada obatnya. Dalam sebuah hadist Rasullullah pernah menjelaskan: "Jika kalian melewati taman - taman surga, makan dan minumlah di dalamnya. Para sahabat bertanya 'Apakah taman surga itu ya Rasullullah?' Kemudian beliau menjawab 'Halaqah - halaqah (majelis - majelis) dzikir (pengajian, dsb).'" (HR. At - Tirmidzi)

Sumber utama segala ilmu adalah Al - Quran. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist "Sabda Nabi: 'Bacalah Al - Quran yang bisa membuat hatimu luluh. Apabila kalian berselisih tentang Al - Quran maka bubarlah (jangan dilanjutkan)!'" (HR. Muslim). Ibadah yang paling sukar di dunia ini adalah keikhlasan, kesabaran, dan keistiqomahan. Maka siapapun yang nantinya bisa untuk menaklukkan ketiga ibadah tersulit di dunia tersebut niscaya Allah akan membukakan pintu rahmat dan hidayahnya kepada mereka, wallahu a'lam bis shawab. Bukankah dunia ini adalah dunia fana, dimana kita tidak selamanya berada disana? Dan bukankah ada dunia lain yang lebih kekal yang nanti akan kita tuju?

Dalam sebuah hadist Rasullullah SAW pernah bersabda: "Sabda Nabi: ' Janganlah berlebihan, tempuhlah kejujuran dan perbaiki diri, setiap musibah yang ditimpakan kepada seorang muslim adalah penghapus dosa'" (HR. Muslim).. Terkadang kita hanya bersabar saat kita diuji kenikmatan oleh Allah SWT, tetapi sangat jarang sekali seorang hamba tersebut bersabar ketika diuji oleh kesempitan oleh Allah SWT. Padahal sejatinya kenikmatan maupun kesempitan tersebut adalah kondisi yang sama bagaikan dua sisi mata uang. Tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya. Saat kita diberi kenikmatan adalah saat bagi kita untuk bersedekah, dan saat kita diberi kesempitan adalah saat bagi kita untuk bersabar dan ikhlas. Lalu, apa yang beda?

Ada lima kewajiban muslim terhadap muslim lainnya. Yaitu:
1. Menjawab salam
2. Mendoakan orang yang bersin
3. Menghadiri undangan
4. Menjenguk orang sakit
5. Mengantarkan jenazah
(HR. Bukhari)

Jadilah kau di dunia ini laksana orang asing atau orang yang sedang berjalan (merantau). Manfaatkan waktumu dengan sebaik - baiknya. Jaga sehatmu sebelum sakitmu dan jaga hidupmu sebelum matimu (HR. Bukhari). Karena bukankah kita nantinya akan mati? Kita hanya menanti waktu panggilan yang tepat saja bukan? Tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang tidak akan merasakan mati! Lalu apa yang sudah kita persiapkan? Pandanglah kesana! Lihatlah mereka yang terbaring di dalam tanah! Bukankah mereka pernah hidup juga sama seperti kita? Kita akan segera menyusul mereka. Ya... Kita hanya sedang menantikan giliran kita. Tidak lama lagi kawan... Tidak akan lama lagi... (Ari Al - Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar