"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

23.12.11

Jiwa Manusia

Hadist berikut adalah salah satu bukti kecintaan Allah terhadap hamba - hamba -Nya. Dia tidak mengingkan seorangpun hamba - Nya merasa merugi di dunia yang hanya sementara ini. Dia selalu menunggu datangnya kita, walaupun sejatinya kita tidak akan mampu menggoyahkan segala kekuasaan - Nya di dunia maupun di akhirat kelak. Dia hanya mencintai kita. Sangat mencintai kita. Berikut adalah hadist yang dimaksud: "Salah satu waktu yang ijabah (Insya Allah, kemungkinan besar akan  dikabulkan Allah) adalah saat diantara adzan dan iqamat. "Katakanlah sebagaimana yang dikatakan muadzin (orang yang mengumandangkan adzan) dan jika telah selesai (adzan) berdo'alah, maka akan dikabulkan! (HR. Abu Daud)"

Saat Allah menjawab doa - doa kita, maka Allah hanya meminta iman kita! Saat Allah belum menjawab doa - doa kita, maka Allah hanya meminta kesabaran kita! Saat Allah menjawab doa - doa kita tetapi tidak seperti yang kita harapkan, maka itu adalah bentuk kasih sayang Allah kepada kita. Karena sejatinya hanya Allah semata yang Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi diri kita. Yakin usaha sampai! Yakin dan percaya bahwasanya Allah akan mengabulkan doa dan pinta kita sesuai dengan apa yang kita harapkan. Allah hanya meminta pembuktian dari diri kita saja! Allah hanya meminta kesabaran kita!

Sebagai seorang hamba yang tidak ada kuasa atas segala hal di dunia ini apalagi yang bisa kita lakukan? Sebagai seorang lemah yang tidak ada daya dan upaya di dunia ini kemana lagi tempat kita akan memohon pertolongan? Dan sebagai seorang pendosa di muka bumi ini kemana lagi kita akan memohon ampunan? Percayalah, yakinilah, dan bertawakkallah sebagaimana hadist berikut ini: "Dan sekiranya kalian benar - benar bertawakkal kepada Allah maka niscaya kalian akan dipenuhi segala rizkinya oleh Allah. Sebagaimana seekor burung yang keluar dari sarangnya pada pagi hari dalam keadaan lapar, kemudian dia kembali ke sarangnya pada sore hari dalam keadaan kenyang (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Perintah Allah kepada hambanya selain selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara berdoa adalah dengan berusaha. Berusaha keras! Bekerja keras! Sebagaimana berikut ini: Bekerjalah kamu seolah - olah kamu akan hidup selamanya di dunia ini. Tetapi beribadahlah kamu seolah - olah kamu akan meninggal berikutnya. (Muttafaq Alaih) karena sesungguhnya harta duniamu tidak akan mengikutimu ke akhirat. Dia hanyalah jalan bagimu kemana langkahmu berikutnya akan tertuju.

Kadangkala kita perlu menangis agar kita tahu bahwa hidup ini bukan hanya sekedar tertawa. Dan terkadang kita perlu tertawa agar kita tahu mahalnya nilai air mata. Bersyukurlah bila ada yang menyakiti karena dia yang mengajarkan ketabahan, bersykurlah pula bila ada yang menjatuhkan karena dialah orang yang membuat kita hebat. Dan bersyukurlah bila ada yang menyiksa karena dia menguji kita dengan kesabaran dan ketulusan kita.

Tiga hal yang tidak akan kembali adalah:
1. Waktu
2. Kesempatan
3. Ucapan
Maka pergunakanlah dengan sebaik - baiknya!

Tiga hal yang harus kita jaga dengan seksama adalah:
1. Kehormatan
2. Harapan
3. Kejujuran
Karena dari hal tersebutlah nilai kita sebagai manusia akan teruji dan terlihat!

Tiga hal yang berharga adalah:
!.  Cinta
2. Kepercayaan
3. Teman yang bisa menuntun ke arah kebaikan
Karena tidak semua orang mendapatkan kenikmatan serupa.

Tiga hal pula yang tidak boleh dilupakan adalah:
1. Allah
2. Rasullullah
3. Orang tua
Maka cintai mereka! Berbakti kepada mereka! Merekalah penuntun kita menuju kebahagiaan dunia dan akhirat kelak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar