"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

17.2.13

Keajaiban Menyempurnakan Wudhu

Islam Menganjurkan agar seorang muslim senantiasa menjaga kesucian sebagai tanda keimanan. Rasullullah SAW bersabda, "Tidaklah menjaga wudhu kecuali seorang mukmin" (Silsilah shahihah al - albani) dan "Sesungguhnya Allah SWT menyukai orang - orang yang bersih" (At - Taubah : 108). Aktivitas wudhu memang identik dengan kebersihan dan kebersihan identik dengan kesehatan. Dari sejumlah penelitian ditemukan bahwa wudhu memiliki sejumlah manfaat bagi manusia. Berikut adalah beberapa manfaat wudhu yang dimaksud :
1. Membunuh kuman dengan membersihkan hidung
Hasil penelitian tim dokter Universitas Iskandariah menyatakan bahwa mereka yang rutin membersihkan hidung dalam berwudhu maka hidung mereka jauh dari kuman dan mikroba dibandingkan dengan mereka yang tidak berwudhu. Dalam dunia medis THT jika mikroba menyerang hidung maka akan berdampak pada telinga. Bahkan bisa masuk ke usus dan pencernaan darn menyebabkan infeksi dan radang. Apalagi jika mikroba tersebut masuk ke dalam pembuluh darah.

2. Menjaga kesehatan rongga mulut dengan berkumur
Berkumur terbukti mampu menjaga rongga mulut dan gusi dari infeksi dan pembengkakan, juga menjaga gigi dari keropos karena sisa makanan telah dibersihkan. Secara medis terbukti bahwa 20 % mereka yang kehilangan gigi jika mereka mau menjaga kebersihan mulut, maka itu tidak akan terjadi sebelum waktunya. Jika tidak dibersihkan zar cair seperti nanah dan busuk akan disedot oleh liur dan makanan ke dalam pencernaan dan mengalir ke darah. Selanjutknya akan disebarkan ke seluruh tubuh yang menyebabkan banyak penyakit.

Debu dan jasad renik banyak mengandung kuman. Pembersihan secara rutin oleh air adalah cara paling efektif untuk membunuh atau menghilangkan kuman - kuman tersebut. Secara ilmiah mikroba hanya menyerang kulit manusia yang tidak bersih. Jika dalam waktu lama kulit manusia tidak dibersihkan maka keringat, minyak, dan debu akan menempel di permukaan kulit dan menyebabkan gatal - gatal. Jika digaruk dengan kuku yang tidak bersih maka akan memudahkan kuman masuk ke pori - pori kulit. Sinar matahari terutama sinar ultraviolet berpengaruh menciptakan kanker di kulit. Pengaruh ini akan hilang jika seseorang rutin melakukan wudhu karena kulit selalu dijaga kelembabannya. Terutama kulit yang terkena langsung sinar matahari.

Dr. Ahmad Syauqi Ibrahim seorang anggota Lembaga Medis Kerajaan di London dan ahli penyakit dalam dan jantung mengatakan bahwa para ahli sepakat timpahan cahaya ke air ketika berwudhu akan menyebabkan munculnya ion - ion positif dan mengurangi ion - ion negatif. Sehingga urat - urat akan kendur dan tubuh akan terbebas dari tekanan darah tinggi dan kondisi depresi. Seorang ilmuwan Amerika mengatakan bahwa air memiliki kekuatan magis. Bahkan semprotan air ke muka dan dua tangan (Baca: Berwudhu) adalah cara terbaik untuk melenturkan syaraf - syaraf dan menghilangkan ketegangan (Sumber: Majalah Islah 296, 1994).

Ajaibnya, sebelum ahli menyatakan hal ini, 14 abad silam Rasullullah Muhammad SAW sudah menegaskan. Dalam sebuah hadist beliau menyatakan, "Sesungguhnya marah - marah itu dari setan dan setan itu diciptakan dari api dan api itu padam oleh air. Maka jika kalian marah hendaklah ia berwudhu." (HR. Daud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar