"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

25.7.12

Menjaga Kesucian Berpuasa

Berpuasa adalah salah satu fase dalam kehidupan manusia yang harus dilewati bila manusia tersebut ingin menjadi manusia yang "Seutuhnyaa", "Sempurna", serta manusia yang "Sebaik - baiknya". Karena banyak manfaat yang dapat kita petik dari berpuasa tersebut. Baik itu untuk batiniyah kita, maupun jasmaniyah kita. Baik kita menyadarinya maupun tidak menyadarinya. Dan dengan adanya perintah tentang berpuasa ini semakin menjelaskan kepada kita bahwa tidak ada perintah Allah SWT yang sia - sia, padahal bila dipikir secara logika bila kita berpuasa kita akan "Menderita" karena secara langsung dan terang - terangan kita "Menyiksa" diri kita sendiri.

Secara harfiah puasa berarti menahan diri. Ada tiga hal yang "Ditahan" dalam berpuasa, yakni: Makan; Minum; Dan berhubungan badan (seks). Bila kita perhatikan secara seksama ketiga hal tersebut adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dan ketiga hal tersebut adalah sesuatu yang halal dan benar bila didapatkan dan dipergunakan dengan benar pula. Lalu mengapa kita diperintahkan untuk menahan diri dari ketiga hal tersebut? Subhanallah... Maksud sebenarnya tentu Allah SWT yang Maha Tahu yang mengetahuinya. Tetapi bila kita menerka - nerka mungkin secara sederhana dapat kita simpulkan seperti ini, "Bila yang halal saja kita dilarang untuk dilakukan, maka bagaimana untuk yang haram? Sehingga bila kita mampu untuk mengendalikan yang halal yang dimana hal tersebut memang merupakan hak kita, maka tentu kita akan mampu untuk mengendalikan diri dalam sesuatu yang diharamkan Allah SWT bukan?" Sederhana saja...

Perlu kita garis bawahi pula, berpuasa tidak hanya dilakukan oleh manusia. Beberapa jenis hewan pun juga melakukan hal yang sama. Dan uniknya hewan - hewan tersebut terlihat lebih mempesona saat mereka telah berpuasa. Apalagi bila kita berpuasa di bulan Ramadhan, bulan yang merupakan hadiah dan bukti kecintaan Allah SWT. Dimana semua pahala dilipatgandakan, berpuasa justru akan menjadi semakin bersemangat.

Sesuatu yang istimewa perlu perlakuan yang istimewa pula. Seperti halnya bulan puasa, bulan istimewa ini juga memerlukan beberepa perlakuan agar kita yang berada di dalamnya juga ikut menjadi istimewa. Dituturkan dari Abu Hurairah r.a. yang berkata bahwasanya Rasullullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidak mau meninggalkan kata - kata bohong dan senantiasa melakukannya maka Allah SWT tidak akan mempedulikan puasanya meski telah bersusah payah meninggalkan makan dan minum." (HR. Bukhari)

Sementara itu di hadist lain Rasullullah SAW juga bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT beserta malaikat - Nya mengirimkan rahmat kepada orang - orang yang makan sahur (jika akan puasa)" (HR. Ath - Thabrani). Bahkan begitu istimewanya puasa di bulan Ramadhan ini dalam suatu hadist lain Rasullullah SAW juga bersabda, "Yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan tanpa udzur (sakit, safar, menyusui, dll), maka ia tidak akan dapat menggantinya walau puasa sampai akhir hayat." (HR. Ahmad)

Tidak akan ada perintah Allah SWT kepada kita hamba - Nya yang sia - sia. Oleh karena itu, kewajiban kita adalah untuk melakukannya dengan sepenuh hati dan bersungguh - sungguh tanpa banyak tanya agar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi nantinya. Tiga hal yang membuat kita dewasa adalah kesabaran, ketulusan, serta rasa syukur. Dan insya Allah bila kita berpuasa dengan sungguh - sungguh ketiga hal tersebut akan kita dapatkan saat kita menjalani ibadah puasa tersebut.

Saudaraku... Bumi tak akan selamanya dapat bertahan kokoh menjadi tempat kita berpijak. Ingatlah cepat atau lambat Al - Quyamah akan segera tiba. Ingatlah kewajiban kita hidup di dunia sebelum ruh diambil keluar dari raga. Ketika itu terjadi pintu taubat telah tertutup bagi kita. Jagalah iman yang telah tertanam dan tegakkanlah ibadah dan kewajiban kita. Tambahkanlah amalan - amalan sunnah yang dulu telah telah Rasullullah SAW tunjukkan kepada kita.

Saudaraku... Seperti apapun hari ini semoga Allah SWT mengusap lembut hatimu, menjadikanmu bagian dari orang - orang yang berjiwa tenang, meluluhkan amarah dengan dzikir, dan mengatasi kesedihan dengan senyuman. Subhanallah... Semoga Allah SWT senantiasa menjadikan kita pribadi yang sabar, ikhlas, dan selalu bersyukur. Insya Allah kelak kita akan kembali kepada - Nya dengan wajah bercahaya. Amin... Insya Allah...
Wallahu a'lam bis shawab...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar