"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

11.3.12

Ikhlaslah Kawan

Di puji dan di sanjung adalah pengharapan yang manusia selalu idam - idamkan sebagai seorang manusia. Dan hanya ada sedikit saja manusia yang mampu untuk menjaga hatinya demi kepentingan yang tulus/ Jujur saya sangat salut kepada mereka - mereka yang tetap tawadhu, rendah hati, serta mengabdikan diri mereka untuk kepentingan masyarakat luas, agama, maupun bangsanya. Karena tidak ada kompensasi maksimal yang mereka dapatkan selain ridho dan cinta Allah SWT kepada mereka. Tidak ada kebesaran hati serta pengharapan yang tinggi atas segala yang mereka lakukan selama ini. Sungguh sesuatu yang sangat susah sekali untuk dilakukan. Karena memang hakikat manusia sejatinya adalah seperti itu. Berbuat maksimal dan bermanfaat bagi setiap mereka yang ada di sisinya. Baik itu secara maksimal maupun hanya sebatas ide dan pemikiran.

Jika kita merasa besar, maka periksalah hati kita mungkin ia sedang membengkak. Jika kita merasa suci maka periksalah jiwa kita, mungkin itu akibat putihnya nanah dari luka nurani kita. Jika kita merasa tinggi maka periksalah batin kita, mungkin dia sedang melayang kehilangan pijakan. Dan jika kita merasa wangi maka periksalah keikhlasan kita, mungkin itu asap dari amal sholeh yang hangus di bakar riak. Karena segala hal yang tidak dilakukan secara ikhlas dan tanpa mengharap ridha allah SWT maka hasilnya akan sia - sia belaka. Kita hanya akan mendapatkan peluh dan nanah atas usaha kita. Pujian maupun hal lain yang kita harapkan pun hanya akan sebatas apa yang kita bayangkan semata, dan itu tidaklah abadi. Hanya Allah SWT yang tahu bagaimana memberikan kompensasi untuk kita itu abadi sesuai dengan apa yang kita lakukan.

Keyakinan yang ada pada diri pribadi - pribadi ikhlas tersebut tentu adalah suatu pengecualian. Mereka hanya bersandar kepada ketetapan Allah SWT kepada diri mereka. Tidak ada yang lain. Keikhlasan mereka dipertaruhkan demi ridha dan cinta Allah SWT semata. Bahkan dalam salah satu hadistnya, Rasullullah SAW bersabda, "Apabila kamu diberi sesuatu tanpa kamu minta maka pergunakanlah dan sedekahkanlah sebagian." (HR. Muslim) Dalam hadist Rasullullah SAW lainnya disebutkan juga, "Sesungguhnya Allah SWT baik dan menyukai kebaikan. Bersih dan menyukai kebersihan. Murah hati dan menyukai kemurahan hati." (HR. Tirmidzi)

Lalu mengapa kita masih mengharapkan sesuatu dari makhluk?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar