"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

8.3.12

Akhlaq Rasullullah SAW

Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna. Karena memang yang Maha Sempurna hanyalah Allah SWT. Tetapi bukan berarti tidak ada yang bisa dijadikan contoh dan panutan bagi diri kita yang masih muda dan baru dalam hidup dan kehidupan ini. Banyak figur - figur di luaran sana yang diberikan kelebihan oleh Allah SWT dalam beberapa hal, sehingga mereka dapat menjadi sesuatu yang kita kagumi dan kemudian kita idolakan. Entah itu artis terkenal, olahragawan, figur - figur tertentu, ataupun keluarga kita. Sah - sah saja kita mengidolakan mereka dan berusaha untuk menjadi seperti mereka.

Tetapi satu yang sering kita lupakan adalah bahwasanya di dunia yang serba kurang dan menyesakkan ini Allah SWT masih memberikan rahmat dan kasih sayang - Nya kepada kita hamba - hambanya dengan menurunkan manusia mulia Baginda Nabi Besar Muhammad SAW ke muka bumi. Beliau terlahir dari keluarga yang (maaf) serba kekurangan. Bahkan sejak kecil Allah SWT sudah menakdirkan sesuatu yang begitu berat bagi anak seusia itu. Salut... Hal itu tidak menjadikan Muhammad muda menjadi pribadi yang lemah dan liar, melainkan malah membentuk pribadi Muhammad muda menjadi kuat, yakin, dan pantang menyerah. Apresiasi tinggi patut kita berikan kepada paman, kakek, maupun pihak - pihak yang telah mendidik beliau dari kecil hingga menjadi pribadi seperti yang kita kenal seperti saat ini.

Sang Muhammad muda menunjukkan perbedaan yang sangat kentara dibandingkan dengan anak manapun juga di usianya. Terlepas dari takdir Allah SWT yang memang menakdirkan beliau memang seperti itu ataupun apapun juga. tetapi usaha beliau serta kesungguhan beliau dalam memegang nilai - nilai kehidupan patut kita beri acungan jempol. Karena sangat sulit untuk melawan tradisi yang berlangsung. Dan Muhammad muda mampu menjadi orang yang sedikit itu yang mampu untuk tetap memegang nilai nilai kehidupan di tengah masyarakat yang tidak mengagungkannya.

Pada usia 14 tahun bisa dikatakan bahwa sang Muhammad muda telah menjadi seorang CEO dari perusahaan yang dimiliki oleh Khadijah r.a. saat itu. Khadijah yang memang seorang pebisnis wanita ulung yang terkenal di masa itu memberikan kepercayaan kepada Muhammad muda untuk menjadi "Kepala Cabang" salah satu perusahaannya, perusahaan kain. Karena dianggap mumpuni dan dapat menjalankan kewajiban dan menyelesaikan target yang dibebankan Muhammad muda sedikit demi sedikit diberi kepercayaan untuk mengembangkan bisnis salah satu sosialita terkenal di jazirah Arab pada saat itu. Hasilnya tidak mengecawakan! Muhammad muda mampu menjawab tantangan dan ekspektasi yang dibebankan kepadanya. Maha Suci Allah yang memberikan segala kebesaran dan kemampuan pada diri hamba - hamba yang dipilih - Nya.

Singkat cerita, karena dianggap "Bersih" - sesuatu yang jarang terjadi di kalangan masyarakat Arab pada saat itu = Khadijah r.a. memberanikan diri untuk melamar sang Muhammad muda. Dan dengan berbagai pertimbangan, diterimalah ramalan sang sosialita tersebut oleh Nabi penutup zaman. Pernikahan agung yang nantinya akan menentukan langkah dakwah islam ke depannya. Pernikahan serasi yang menjadi cerminan tentang arti pernikahan yang sebenarnya - sesuatu yang menjijikkan pada saat itu. Dan pernikahan yang dilandasi oleh rasa cinta yang tulus, suci, sempurna, dan abadi demi menggapai ridho dari Sang Maha Cinta.

Khadijah r.a. mengerti tentang tugas sang suami yang menjadi pembawa perubahan di dunia ini. Dengan rasa cinta dan baktinya yang dalam, sosialita tersebut rela mengorbankan apapun juga miliknya demi tercapainya mimpi sang suami pujaan. Entah sudah berapa lama waktu yang dihabiskannya untuk menerima cacian dan hujatan masyarakat Arab pada saat itu karena aktivitas sang suami di luaran. Entah juga sudah berapa dirham dan dinar yang melayang entah kemana untuk menjamin aktivitas dakwah yang dilakukan oleh sang suami sesuai dengan apa yang direncanakannya semula. Entah sudah berapa lama beliau menahan perasaan karena takut, cemas, dan gelisah melihat aktivitas suami di medan laga maupun di luar rumah demi menegakkan agama Allah SWT di muka bumi ini. Semua dijalani oleh Khadijah r.a. dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Hanya satu keyakinan beliau pada saat itu, bahwasanya Allah SWT tidak akan meninggalkan hamba - Nya sendirian.

Yah itulah kehidupan masa muda nabi penutup zaman. Seorang nabi yang dididik sendiri oleh Allah SWT dan seorang nabi yang didaulat menjadi kekasih Allah SWT. Beliau memiliki kesempurnaan akhlaq - terlepas dari kekurangan beliau sebagai manusia biasa. Hal itu yang membuat beliau disegani lawan maupun kawan. Hal itu pula yang membuat dakwah beliau menjadi efektif serta beliau dapat mewujudkan apa yang beliau harapkan. Akhlaq mulia Rasullullah SAW sedikit banyak dapat dirangkum secara garis besar menjadi dua hal, yaitu: Pertama. Rasullullah SAW adalah orang yang banyak mengulurkan tangan untuk amal kebajikan; Dan kedua, Rasullullah SAW adalah orang yang selalu berusaha keras menghindarkan diri dari perbuatan dan perkataan tercela yang dapat merugikan dirinya, dan terlebih merugikan orang lain di sekitarnya. Kedua hal tersebut dapat Rasullullah SAW lakukan karena beliau memiliki ilmu, kemurahan hati, kesabaran, kesehatan jasmani, serta pemahaman yang baik tentang Islam. Tanpa ada hal  - hal tersebut beliau tidak akan mampu untuk berbuat seperti itu. Subhanallah... Maha Suci Allah atas segala kuasa dan ketetapan - Nya.

Dari kedua akhlaq tersebut, beliau memiliki sifat - sifat yang selalu tercermin dalam kehidupan sehari - hari beliau sebagai interpretasi dari ketinggian derajat dan akhlaq yang beliau miliki. SIfat - sifat beliau yang terekam dan dapat kita contoh antara lain: Beliau adalah orang yang tidak suka memperuncing perbedaan pendapat; Beliau juga adalah orang yang selalu bersikap adil; Beliau juga selalu menjauhkan diri dari keramaian yang tidak ada gunanya; Beliau juga orang yang perfeksionis, hal ini terlihat karena beliau selalu memperbaiki apa yang menurut beliau tampak tidak baik; Beliau juga adalah orang yang mau untuk meminta maaf; Selain itu Rasullullah SAW adalah pribadi yang tabah menghadapi segala kepedihan dan kesulitan; Selalu menginstropeksi diri sendiri terlebih dahulu jika beliau menghadapi kegagalan; Beliau juga adalah orang yang selalu mencari kekurangan diri sendiri; Murah senyum pada semua orang; Dan yang terakhir adalah beliau selalu bertutur kata santun kepada semua orang.

Semoga kita bisa mencontoh pribadi beliau....
Amin... Allahuma amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar