"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

18.4.13

Selamat Datang DI Universitas Kehidupan

Hari ini adalah hari terakhir masa Ujian Nasional SMA menurut jadwal resmi yang ditetapkan pemerintah. Walaupun untuk tahun ini lebih banyak carut - marut penyelenggaraan terutama dalam hal distribusi soal yang tidak bisa menyeluruh hingga membuat beberapa daerah agak terlambat dalam melaksanakan Ujian Nasionalnya. Sisi positifnya adalah ini adalah masa akhir bagi kalian semua adik - adik SMA untuk menanggalkan seragam kebesaran yang telah kalian gunakan selama ini.

Setelah ini berbagai rencana telah menggelayut di dalam diri. Ada yang berniat untuk meneruskan ke bangku kuliah atau ada pula yang langsung berburu dollar. Sejatinya kesemuanya tersebut bermuara pada satu tujuan yang sama: Kebahagiaan dan kesejahteraan di masa yang akan datang. Pilihan mana yang terbaik? Tentu semua bergantung kepada diri kita sendiri yang menjalaninya. Kuliah tidak menjamin kebahagiaan dan kesejahteraan di masa yang akan datang seperti yang kita khayalkan selama ini. Kerja juga memiliki pandangan yang sama. Sehingga, pilihan apapun tidak menutup kemungkinan segala hal yang terjadi di masa depan.

Tetapi bukankah kita diwajibkan untuk belajar hingga akhir hayat? Lalu? Hm... Pada dasarnya semenjak kita dilahirkan di dunia ini status kita adalah sebagai seorang mahasiswa. Yang di ajar oleh alam sebagai dosen kita serta lingkungan ini yang menjadi ruang kelas kita. Al - Qur'an sebagai diktat pengajaran kita serta sakaratul maut esok sebagai ujian akhir kita.

Banyak sekali kejadian yang terjadi selama kita menunggu masa akhir kita untuk melaksanakan ujian tersebut. Sering sekali yang kita ingat hanyalah yang menyusahkan maupun menyedihkan. Kita sering lupa bahwa tidak hanya kedua hal tersebut, tetapi kesemua hal yang telah kita alami dan rasakan di dunia ini sejatinya adalah bahan kuliah kita untuk dapat lulus ke semester berikutnya.

Saat kita bersama dengan orang - orang di sekitar, ketika kerja kita tidak dihargai kita belajar tentang keikhlasan. Ketika pribadi kita tidak diperhatikan kita belajar untuk tetap tegar menghadapi. Ketika fitnah yang kita dengar tentang pribadi kita, kita belajar tentang kesabaran. Kesemuanya adalah pembelajaran yang nantinya akan mendapatkan ujian dari Sang Maha Benar.

Bukankah Dia tidak akan meninggalkan kita sendirian, ataupun zat yang bisa ditipu. Lalu apa yang kita khawatirkan lagi?

Dan untuk kamu yang telah selesai mengerjakan Ujian Nasional hari ini, bersiaplah untuk tantangan yang lebih hebat dan lebih besar. Kembalikan semua kepada keimananmu, karena sejatinya apapun yang terjadi di dalam diri kita adalah ujian semata di dunia yang fana untuk mengukur derajat keimanan kita kepada - Nya. Ketahuilah, dunia ini - terutama negara yang sangat kita cintai ini - tidak membutuhkan orang pintar karena sudah sangat berjibun orang pintar di dunia ini. Kita semua juga tidak membutuhkan orang kaya bila tidak memiliki kepekaan terhadap para kaum termajinalkan. Karena sejatinya yang kita butuhkan adalah orang yang beriman yang bekerja dengan hati dan logika. Sukses selalu untukmu, doaku menyertaimu... Dan akhirnya aku hanya dapat berkata, selamat datang di Universitas Kehidupan :O

Tidak ada komentar:

Posting Komentar