"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

2.3.13

For Man (Read - This) ! Marry Me...

Aku berlindung dari godaan syetan yang terkutuk...
Dengan nama Allah SWT yang Maha Pengasiih lagi Maha Penyayang...

Alhamdullillah... Sungguh suatu nikmat yang luar biasa sampai detik ini Al - Faqir masih diberikan kesehatan, kesempatan, serta kekuatan untuk tetap menjalankan takdir Allah SWT yang sungguh maha sempurna, Segala nikmat yang luar biasa walaupun Al - Faqir mengerti bahwa sungguh sejatinya tidak pantas Al - Faqir tidak pantas untuk menerima ini semua mengingat semua dosa dan kesalahan yang telah Al - Faqir lakukan hingga detik ini. Belum lagi segala hal yang dari diri Al - Faqir membuat Allah SWT kecewa. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW beserta sahabat - sahabat beliau, keluarga beliau, tabiit tabiin, serta kita sebagai pengikutnya.

Salah satu ajaran Rasullullah SAW adalah menikah. Bahkan ada dalam salah satu hadist - entah ini benar atau tidak - tidaklah menjadi salah satu golonganku bila tidak mengikuti ajaranku - yang aku dapat dari satu ceramah dan sudah sangat lama sekali waktu mendengarkannya. Dan salah satu ajaran Rasullullah SAW adalah menikah. Sesungguhnya jodoh, mati, rejeki, hidup ini semua sudah ada yang mengatur, Benarkah? Berarti kita tidak perlu berusaha?

Banyak sekali pernikahan di dunia ini yang berjalan tidak sebagaimana mestinya, Padahal bumbu memulai pernikahan tersebut sungguh sangat manis. Dari awal pacaran mereka, manisnya pacaran mereka, serta sulitnya perjuangan mereka dalam mempertahankan hubungan mereka. Tapi tetap saja mereka gagal bukan? Tapi tak jarang pula kita menjumpai langgengnya suatu pernikahan bukan? Walaupun awal perkenalan mereka tidak baik. Lalu satu pertanyaan yang menggelitik adalah mengapa bisa seperti itu? Apakah mereka jodoh? Pasti! Tapi siapa yang tahu dulu mereka berjodoh? Mungkin hal tersebut tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Dalam suatu riwayat dikisahkan bahwa sejatinya seorang wanita yang menjadi pasangan kita tersebut berasal dari tulang rusuk kaum pria. Itulah yang dinamakan jodoh secara analogi. Berbagai cara kita lakukan demi melanggengkan hubungan kita. Berbagai usaha kita tempuh untuk menggapai hidup bahagia bersama dengan orang yang kita cinta. Tetapi bagaimana kita mengetahui bahwa wanita yang kita cintai sepenuh hati tersebut adalah tulang rusuk kita? Bagaimana kita bisa menjamin bahwa pernikahan kita nantinya akan selamanya?

Di balik kesuksesan seorang pria pasti ada peran dua wanita hebat di belakangnya. Yang pertama adalah sang bunda tercinta, yang kedua adalah dia yang kita cinta. Dalam ajaran agama jelas sekali dikatakan bahwa seorang pria adalah pemimpin dalam kehidupan. Minimal seorang pria itu memimpin sebuah keluarga. Tapi inti kepemimpinan tersebut sejatinya tidak berada di pundak pria, melainkan di tangan wanita! Ibarat sebuah atom, seorang wanita adalah inti atom. Yang mempengaruhi keputusan seorang pria adalah kedua wanita yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu - terlebih bagi dia yang kita cinta, pemahaman serta pendalaman terhadap ilmu agama sangatlah mutlak untuk diperlukan.

Siapa pria di dunia ini yang tidak menginginkan wanita yang cantik? Pasti semua pria di dunia menginginkan seorang wanita yang cantik, indah dipandang, dan kriteria - kriteria lain yang tidak perlu disebutkan disini, Tetapi bila itu yang dijadikan acuan maka yang harus dipikirkan berikutnya adalah bagaimana nasib generasi penerus kita di masa yang akan datang? Sebagai orang tua tentunya kita akan mengharapkan generasi penerus kita lebih baik dari kita kan? Oleh karena itu pada dasarnya pilihlah seorang wanita tersebut dari AGAMANYA dan kriteria - kriteria lain menentukan. AGAMA yang dimaksud disini bukan hanya SESUATU YANG BERHUBUNGAN DENGAN TUHAN saja, tetapi juga SESUATU YANG BERHUBUNGAN DENGAN SOSIALISASI TERHADAP SESAMA MANUSIA. Salah satu cara paling sederhana adalah dengan melihat lingkungan tempat dia tinggal. Mulai dari keluarga, teman - teman, kegiatan waktu luang, kegemaran, dan masih banyak lagi.

Proses pencarian terhadap wanita yang kita pilih untuk mendampingi kita tersebut tidaklah mudah. Perlu berbagai pertimbangan - pertimbangan yang matang sebelum kita memutuskan untuk menikah dengannya nantinya. Bagi seorang pria tidaklah cukup kata - kata cinta yang diutarakan dari sang wanita untuk memutuskan meminangnya nanti. Dengan berjalannya waktu cinta kita terhadap manusia tersebut akan pudar bila tidak kita pupuk setiap saat, dan tentu hal tersebut tidak akan bisa kita (pria) lakukan sendiri tanpa bantuan dari pendamping kita.

Diperlukan ketegasan, kesabaran, serta pendalaman agama yang mapan dari seorang pria untuk menjadi imam dalam rumah tangga serta tentunya faktor - faktor eksternal lain yang mendukung. Secara teori, untuk lebih "Aman" - nya, seorang pria tersebut janganlah mencari wanita yang :

  1. Memiliki harta kekayaan lebih banyak daripadanya
  2. Memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik daripadanya
  3. Memiliki keyakinan yang berbeda antara keduanya

Ketiga hal tersebut selain KARAKTER DAN WATAK DARI SANG WANITA adalah pemicu keretakan dalam rumah tangga bila tidak disikapi secara serius dan bijaksana. Bukankah kita menikah tersebut dengan niat untuk beribadah dan menginginkan kebahagiaan? Lalu mengapa kita memilih untuk menikah dengan seseorang yang tidak memberikan kita hal tersebut? Semua kembali kepada iman kita masing - masing...

Selamat berbahagia :O

Tidak ada komentar:

Posting Komentar