"Heart of Aper_Runia"

Foto saya
Stay Cool and Stay Humble... I'll be what I believe :O

24.6.12

Merunduk; Sekarang...

Islam telah memerintahkan kepada kita untuk bertaqwa (QS. Al - Ahzab: 70). Manakala seorang muslim telah memiliki sifat taqwa pasti akan muncul rasa takut akan adzab Allah SWT dan rasa kerinduan yang teramat sangat terhadap surga - Nya. Bila sudah demikian ketaatan pada perintah Allah SWT tak lagi memberatkan. Banyak sekali ajaran - ajaran islam yang telah diperintahkan kepada kita sebagai wadah untuk mengukur amalan kita serta bentuk rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita hingga detik ini.

Dan tentu saja kondisi setiap manusia itu diciptakan Allah SWT berbeda - beda. Hal ini menunjukkan Maha Besar Allah SWT atas segala sesuatu yang ada di dunia ini. Hal tersehut juga mengharuskan kita senantiasa bersyukur dan tetap merendah atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita hingga detik ini. Kondisi yang kita alami bukan merupakan halangan untuk tetep beribadah dan bertaqwa kepada Allah SWT, tetapi itu tidak menjadi halangan bagi kita untuk tetap beribadah dan bertaqwa kepada Allah SWT. Justru hal tersebut haruslah memacu kita untuk berbuat lebih baik lagi daripada orang - orang yang kondisinya "Lebih Sempurna" daripada kita.

Tetapi satu yang harus kita sikapi secara bijak adalah sikap kita dalam menerima segala ketetapan Allah SWT serta saat kita beramal. Karena tidak ada yang tahu tentang kualitas dan kriteria ibadah kita kecuali Allah SWT. Berbuat sebaik mungkin dalam menjalankan ibadah dengan didasari keikhlasan mencari ridha Allah SWT adalah suatu keharusan yang sangat bagi kita, hamba Allah SWT yang menjalanlan perintahnya. Dalam suatu kesempatan Hasan Al - Bashri mengingatkan kita dalam yang secara garis besar dapat ditulis sebagai berikut: "Janganlah kalian tertipu dengan banyaknya amal ibadah yang telah kalian lakukan, karena sesungguhnya kalian tidak mengetahui apakah Allah SWT menerima amalan kalian atau tidak. Dan jangan pula kalian merasa aman dari bahaya dosa - dosa yang telah kalian lakukan. Karena sesungguhnya kalian tidak mengetahui apakah Allah SWT mengampuni dosa - dosa kalian tersebut atau tidak."

Hanya sekedar berusaha sebaik mungkin tanpa harap untuk kembali, meminta dengan setulus hati tanpa harap menerima sesuai dengan yang diinginkan, serta menjaga kualitas dan kuantitas diri dan ibadah tanpa harap pujian dunia adalah syarat mutlak dalam beribadah kepada Allah SWT. Lalu tunggu apalagi? Jika anda berada pada pagi hari, jangan menunggu sampai datangnya petang hari. Dan jika berada pada petang hari jangan menunggu sampai datangnya pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar